Menerapkan Subprogram di Scratch
2. Menerapkan Subprogram di Scratch
Jika program dipecah menjadi beberapa subprogram, setiap subprogram harus diberi identitas berupa nama. jika dibutuhkan, bagian program utama akan memanggil bagian subprogram tersebut dapat dijalankan.
Pada pemrograman menggunakan pemrograman visual seperti scartch, dengan kode-kode program terdiri atas kumpulan blok perintah, subprogram terdiri atas utama. Salah satu cara agar bagian utama dan subprogram dapat berkomunikasi adalah dengan metode pengiriman pesan. Jika diperlukan bagian utama program akan mengirimkan pesan ke subprogram. Jika subprogram menerima pesan tersebut, subprogram tersebut akan dijalankan sesuai pesan yang diterimanya.
Blok perintah di scratch umumnya digunakan untuk mengontrol sprite, dengan setiap sprite tidak terikat satu dengan yang lain, dan sprite dapat dijalankan bersama sama, maka beberapa kumpulan blok perintah juga dapat dijalankan bersama sama. Hal ini memberikan kemudahan pada programmer. Ketika membuat suatu program game dengan banyak sprite yang berinteraksi bersama-sama, sprite tersebut dapat dijalankan secara bersamaan. Sebagai contoh, kamu ingin membuat program untuk menghitung volume luas parameter tabung menggunakan parameter jari-jari alas (r) dan tinggi tabung (t). Proses penghitungan akan dilakukan pada subprogram sendiri yang dipisahakan dari bagian program utama. Untuk menghubungkan program utama dan subprogram akan digunakan mekanisme pengiriman pesan.
Berikut langkah-langkah untuk memecah program menjadi beberapa subprogram dan menggunakan pesan untuk menjalankan proses di subprogram.
(1) Buat proyek baru di jendela scratch.
(2) Tambahkan enam variabel, yaitu Jari-jari, Tinggi, Luas, Volume Tabung, Keliling, dan Luas Tabung.
(3) Tambahkan kode berikut untuk mengatur agar ketika program dijalankan, nilai-nilai variabel dikembalikan menjadi nol. Kemudian tambahakan empat blok kode paling bawah untuk meminta input nilai jari-jari alas dan tinggi tabung
(4) Tambahkan blok kode berikut untuk memerintahkan setiap subprogram yang akan dibuat untuk menjalankan perhitungan yang diminta.
(5) Buat subprogram untuk menghitung luas alas. Subprogram ini akan dijalankan jika menerima pesa n Hitung Luas dikirimkan
Komentar
Posting Komentar